Selasa, 21 November 2017

suka duka berjualan online

gambar koleksi pribadi



siapa yang sering berbelanja online? pasti banyak ya. terlebih kids jaman now nih, yang sangat dekat dengan teknologi, belanja online tentu bukanlah sebuah hal yang asing. baik sekedar menjadi pengamat saja ataupun menjadi konsumen online. oh ya? saya di sini bukan ingin mengulas kelebihan dan kekurangan belanja online, lebih kepada cerita singkat yang dibalut dalam suka dan duka saya saat berjualan online di akun instagram.

awalnya, kira-kira awal bulan mei 2017 saya memutuskan membuat sebuah akun instagram untuk berjualan online. adakah alasan dibalik itu semua? tentu saja, saya ingin melakukan pengalihan dan mencari kesibukan lain di sela kesibukan yang ada, waktu itu saya dalam masa up and down karena sempat mengalami keguguran. produk yang saya jual adalah sheetmask. apa itu sheetmask? bisa diklik di sini :). pertama tahu sheetmask dari beberapa teman saya dan beberapa selebgram yang saya follow di instagram. di akun instagram, mereka menceritakan manfaat memakai sheetmask yang pada akhirnya membuat saya penasaran. karena saya tidak suka basa-basi, saya tanya ke teman saya dan juga scroll-scroll timeline instagram tentang sheetmask. hahaha. paham deh akhirnya.

saya termasuk orang yang jarang mengaplikasikan make up bahkan skin care di muka saya, saya pernah juga lho kena demam sheetmask ini, seru aja gitu pas pakai, bahkan akhirnya memutuskan untuk berjualan. untungnya besar? iya sih kalau digeluti secara telaten, cuma ya itu tadi, saya kurang telaten aja :) yang penting sudah balik modal dan untung sedikit, saya lantas bikin boom sale besar-besaran dengan tujuan agar barang cepat habis. barangnya asli? tentu saja, saya pesan langsung lewat website jual beli skin care korea. bisa googling ya cara belanja-belanji lewat web yang  jumlahnya ada bermacam-macam itu.

suka duka jualan online apa sih?
sukanya:
  1. dapet duit :)
  2. sensasi barang laku itu bikin gimana gitu
  3. chit-chat seru sama orang tidak dikenal ngobrolin seputar hal yang dijual alhasil nambah saudara (untuk yang satu ini saya melakukan riset cukup mendalam biar kalau ada konsumen tanya-tanya saya bisa jawab-jawab :p)
  4. dll
dukanya: 
  1. hit & run
  2. konsumen ga mau baca caption, jadi harus beberapa kali jelasin ulang
  3. susah bagi waktu sama kerjaan
  4. dll
oke, jadi cukup seimbang ya suka duka jualan online ini. namun di akhir tahun 2017 ini saya putuskan memilih untuk mengadakan boom sale karena saya rasa saya sudah tidak mampu lagi untuk bagi waktu balesin chat-chat yang agak banyak dan rekap order di excel (idih sok laku). oh ya, biarpun masih pemula, saya sudah bikin buku kas umum dan buku kas pembantu dalam proses jualan ini lho, jadi bakal ketahuan nanti untunya berapa, dll, dll. lumayan ilmu akuntansi kepakai di sini. 
 
kesimpulannya: karena tuntutan pekerjaan yang semakin banyak dan membuat saya  sering dinas luar, pada akhirnya saya putuskan untuk usai di sini kisah jualan sheetmask saya. namun demikian tak menutup kemungkinan jika suatu saat hari saya akan berjualan lagi, entah online, entah jualan langsung, karena jualan itu asik, seru. kalau telaten :p

3 komentar:

  1. Oh.. jd ini alasannya sale.. kirain mau jualan yg laen2

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya sangat menarik. Jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2OZLaHI

    BalasHapus